News Update :
Home » , , , , » Penilitian Teknologi Transfer Lifi, kini mencapai kecepatan hingga 10Gbps

Penilitian Teknologi Transfer Lifi, kini mencapai kecepatan hingga 10Gbps

Penulis : Unknown on Saturday, November 2, 2013 | 10:44 AM

Teknologi transfer data yang cukup banyak dibicarakan pada akhir-akhir ini bukanlah WiFi, melainkan LiFi yang memanfaatkan keberadaan lampu LED. Dan founding father LiFi, Harald Haas dan timnya kini telah berhasil mencapai kecepatan transfer hingga 10Gbps dalam percobaan terakhirnya.
Dan masing-masing LED itu pun dimaksimalkan hingga memiliki kecepatan 3.5Gbps. Kecepatan yang dicapai dalam percobaan ini adalah berkat adanya micro-LED yang dibuat oleh Universitas Strathclyde.
Karena Lifi ini masih memiliki range yang kecil, jarak anatara receiver dengan transmitter harus dekat, Lifi masih belum dapat digunakan untuk kepentingan umum. Tentunya hal ini berbeda dengan Wifi yang memiliki range yang lumayan Luas.

Penelitian mengenai teknologi LiFi akhir-akhir ini memang cukup banyak dilakukan. Sebelumnya, para peneliti dari Fraunhofer Institute Jerman pernah melakukannya pada bulan April. Selanjutnya, para peneliti dari Cina juga melakukan kegiatan serupa dan mampu mencapai kecepatan hingga 150Mbps.

Sumber : http://www.beritateknologi.com/
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Computer Toon . All Rights Reserved.